Yuk Jadi Pesepeda Baik !

Bersepeda kini bukan sekedar hobi, tapi sudah menjadi kebutuhan agar tubuh bugar, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang memilih mengayuh pedal demi kesehatan tubuh. Namun sayangnya banyak pesepeda yang masih belum paham akan peraturan yang harus dipatuhi, padahal Indonesia punya Undang-Undang RI No.22 Tahun 2009 tentang Sepeda dan Pejalan Kaki. 


Pada pasal 106, Undang-Undang RI No.22 Tahun 2009, berisi peraturan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan, wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. 


Meski begitu bukan berati kita sebagai pesepeda seenaknya saja di jalan. Memang tidak ada aturan dan sanksi khusus mengenai penggunaan sepeda di jalan raya, namun ketika gowes, kamu wajib mentaati peraturan berlalu lintas yang ada. Ketika di lampu merah misalnya, ya harus berhenti. Tidak bersepeda melawan arus agar tidak mengganggu pengguna jalan lain, diperbolehkan bersepeda di trotoar asalkan mengutamakan pejalan kaki.  

Berbagi jalan ketika bersepeda is a must! di beberapa negara sudah banyak yang menerapkan aturan tegas mengenai jarak antara kendaraan bermotor dengan sepeda minimal bejarak 1,5 meter. Saat bersepeda kitapun harus memberi ruang atau berbagi jalan dengan pengguna jalan lain baik saat bersepeda sendiri maupun bersepeda rombongan. Bukan berati karena ada pasal yang memberi ke-prioritasan bagi pengguna sepeda lantas kita seenaknya mengambil jalan. 

Intinya sebagai pesepeda yang baik kita memiliki hak dan kewajiban yang harus diperhatikan saat bersepeda. Mari menjadi pesepeda yang baik.  


Source: portalsepeda.com

Latest Article

Gowes Saat Hujan? Bungkus…

read more

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more