Sepeda atau Lari? Pilih Mana?

Pernah nggak sih, di pagi hari ketika mau memulai berolahraga, restepers bingung mau gowes atau mau lari? Kedua jenis olahraga cardio ini memang yang paling populer diantara olahraga lainnya karena kemudahan dalam melakukannya.

Tetapi bagi orang-orang yang serius dalam menjaga kesehatan, pertimbangan ini mungkin cukup membuat keraguan.

Menurut US Department of Health and Human Services, orang dewasa perlu melakukan olahraga setidaknya 150-300 menit/minggu untuk tingkat sedang dan 75-150 menit untuk intensitas berat.

Sebuah studi yang pernah dilakukan di Inggris pada tahun 2017 mengemukakan bahwa seseorang yang bersepeda ke tempat kerjanya memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang berjalan atau tidak aktif melakukan olahraga.

Pada studi lainnya di tahun 2013, berlari dapat menurunkan resiko penyakit darah tinggi dan kolesterol, dimana keduanya dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Yang Mana Paling Banyak Membakar Kalori?

GOWES

Sepeda Santai : 622 kalori/jam

Sepeda Santai (outdoor) 22-25km : 888 kalori/jam

Sepeda berat (outdoor) 26-30km : 1066 kalori/jam

LARI

Lari 11 menit / 1.6 km : 800 kalori/jam

Lari 9 menit / 1.6 km : 976 kalori/jam

Lari 8 menit / 1.6 km : 1.110 kalori/jam

Umumnya, dengan berlari kalian akan membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan Heart Rate yang lebih tinggi. Dengan waktu yang lebih singkat, berlari membakar kalori lebih banyak daripada bersepeda.

Namun, karena berlari merupakan high-impact exercise, akan memberi tekanan lebih besar pada persendian dan lebih meningkatkan resiko cedera.

Cedera yang biasanya dialami oleh pelari adalah :

  • Plantar fasciitis (Nyeri pada tumit)
  • IT band syndrome (nyeri pada tendon)
  • Shin splints (Nyeri pada tulang kering)

    Sedangkan, cedera yang biasanya dialami oleh pesepeda adalah :
  • IT band syndrome (nyeri pada tendon)
  • Patellar quadriceps tendinitis (nyeri pada lutut)
  • Foot Numbness (kram kaki)

Biasanya, bahaya paling besar untuk pesepeda pemula adalah ditabrak kendaraan atau jatuh dari sepeda. 

Yang paling cocok untuk kamu?

Untuk kesehatan, sebaiknya restepers berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang paling aman bagi Anda.

Bagi kebanyakan orang, mereka tidak suka berlari pada awalnya, namun bila sudah terbiasa misalnya selama 1-2 minggu, maka akan bisa menikmati nantinya.

Jadi, mau lari atau sepeda, lakukan aktifitas sesuai kemampuan restepers ya. Dan jangan lupa terapkan prosedur kesehatan pada masa pandemi ini.

Satu lagi, kalian bisa lho mendapatkan poin dengan berlari / bersepeda dan bisa kalian tukarkan dengan banyak produk menarik di www.restep.id


Selamat beraktifitas

source : insider.com


Latest Article

Gowes Saat Hujan? Bungkus…

read more

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more