Memilih Handlebar yang Tepat Untuk Sepeda Roadbike Anda

Ada 3 titik yang menghubungkan kamu dengan sepedamu: pedal, saddle, dan handlebar.
Dilansir dari situs sepeda.me, Banyak orang yang menghabiskan banyak waktu menghitung dan memilah pedal dan sadel yang cocok sampai tingkat presisi millimeter, tetapi melupakan handlebars.
Handlebar berperan sangat penting terhadap performa dan kenyamanan bersepeda, fungsinya untuk menentukan posisi dan pembagian beban tubuh secara merata selain itu akan membuat leher dan bahu Anda tidak merasakan kelelahan.
Proses pemilihan handlebar ini seringnya membutuhkan waktu untuk trial dan eror sampai menemukan handlebar yang cocok dengan tubuh dan sepeda Anda.
Handlebar yang terdapat pada set sepeda roadbike pabrikan biasanya berdasarkan ukuran lebar bahu kebanyakan orang. Banyak pesepeda merasa kurang cocok terhadap handlebar yang ada karena lebar bahu setiap orang berbeda-beda. Khususnya untuk pesepeda wanita biasanya mereka lebih memilih ukuran sepeda unisex, karena tinggi badan mereka yang sama dengan laki-laki tetapi mereka membutuhkan handlebar dengan ukuran lebar yang lebih pendek.
Ukuran handlebar yang terlalu lebar akan meningkatkan tekanan pada leher dan lengan, membuat pesepeda seperti mengendarai truk. Sedangkan ukuran yang terlalu pendek akan mengakibatkan ketegangan pada lengan, walaupun hal itu meningkatkan aerodinamis.
Berikut adalah ilustrasi dari bagian-bagian yang ada pada sebuah handlebar.
A. Reach: Jarak horizontal antara titik pusat handlebars ke titik terjauh belokan handlebars. Reach kurang dari 80mm adalah short; 80 ke 85mm adalah medium; 85mm atau lebih adalah long.
B. Width atau lebar: Lebar dari titik tengah bar (stang) di kiri ke kanan. Ukuran yang umum adalah 38, 40, 42, dan 44cm.
C. Drop: Jarak vertikal dari pusat bar bagian atas ke pusat bar yang paling rendah. Drop dengan ukuran 125mm atau kurang adalah shallow (dangkal); 125 ke 128mm adalah medium; lebih dari itu adalah deep.
D. Drop: Bagian yang lurus dari bar yang mengarah ke pesepeda.
E. Bend: Bagian bar yang melengkung.
F. Hooks: Bagian dari drop di bawah tuas rem, yang dipegang pada saat berbelok atau turunan.
G. Ramp: Transisi dari top handlebars sebelum melengkung, biasanya diukur dengan sudut.
Panduan praktis yang biasanya digunakan untuk menentukan lebar bahu adalah mengukur panjang antara bahu dari bagian bertulang yang paling luar. Misalnya jarak antara bahumu 38cm maka handlebar dengan lebar (width) 38cm adalah yang sesuai untuk Anda, tetapi jika Anda mengejar aerodinamis, maka Anda dapat menurunkannya 1 ukuran.
Width
Sementara ada pesepeda yang nyaman dengan ukuran handlebar yang lebih lebar, maka Anda dapat menaikkan 1 ukuran menjadi 40cm, walaupun hal ini membuat Anda harus menjangkau handlebar lebih jauh dan dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dalam bersepeda.
Cek ukuran dari pabrikan sepeda Anda mengenai ukuran yang digunakan.
Shape
Dalam hal bentuk (shape) handlebar dapat menyesuaikan dengan selera Anda.
Bentuk traditional umumnya memiliki lengkungan yang simetris memungkinkan Anda untuk lebih membungkukkan badan. Namun belakangan ini bentuk compact menjadi terkenal, dimana bagian bawah dropbar tidak terlalu ke bawah, handlebar ini banyak disukai karena memberikan perasaan relax pada saat mengejar endurance.
ergonomic bar berada di antara bentuk traditional dan compact, yang tujuannya adalah untuk memaksimalkan kenyamanan posisi tubuh dan tangan sedangkan Performance handlebar atau anatomic, mempunyai reach dan drop yang besar yang dapat membuat performa sepeda yang lebih cepat.
Material
Satu hal yang banyak menjadi pertimbangan pesepeda adalah material. Handlebar berbahan dasar carbon biasanya 20%-40% lebih ringan daripada bahan alloy. Bahan carbon memberikan keseimbangan antara kekuatan, keringanan, dan penyesuaian, karena bahan carbon dapat dibentuk sesuai keinginan.
Kelemahannya adalah dari segi harga yang mahal dan walaupun kuat, bila ada kerusakan atau patah maka akan sulit dan mahal untuk diperbaiki. Untuk bahan alumunium menjadi banyak pilihan pesepeda karena harga yang jauh lebih murah dari handlebar carbon.
Titanium juga ringan, lebih kuat dari aluminium, lebih tahan lama, tetapi harga handlebar titanium lebih mahal.
Aerodinamis
Aero roadbike menjadi populer belakangan ini dan bentuk handlebar berperan sangat penting dalam mengurangi drag. Handlebar aero membuat aerodinamis lebih baik, meningkatkan kenyamanan, dan alur kabel-kabel juga dapat dimasukkan ke dalam handlebar sehingga tidak mengganggu.
Jadi untuk restepers yang sudah menggunakan roadbike atau ingin beralih ke roadbike bisa coba ikuti panduan dan saran di atas. Setidaknya bisa menjadi acuan restepers untuk proses trial dan eror sampai menemukan konstruksi handlebar yang paling sesuai dengan gaya bersepeda restepers.
Semoga membantu.
Sumber : sepeda.me & cycling weekly.com