Gowes Saat Hujan? Bungkus…

Lagi seneng-senengnya gowes, eh musim hujan tiba! Tenang, kamu masih bisa bersepeda kok, pertama, kamu bisa memakai topi sepeda. Bagian depannya bisa membantu mencegah air hujan langsung menghantam wajah, khususnya mata. Selain itu, topi juga bisa membantu membuat kepala lebih hangat. 

Setelah itu, kamu bisa menyiapkan kacamata dengan lensa clear atau photochromic. Benda ini bisa membuat pandangan kita tetap jelas dan terang. Agak konyol sih kalau ada yang memakai kacamata gelap saat cuaca gelap. 

Biasanya, disarankan memakai jaket anti air saat hujan. Masalahnya, di negeri tropis seperti Indonesia, kadang hawa tetap hangat walau hujan. Jadi, mungkin tidak seefektif  ketika di negara yang punya musim dingin, tapi kembali lagi pilihan ada di kamu. Aturan ini juga berlaku untuk sarung tangan. Tergantung ketahanan masing-masing. Kalau memang dingin, baru pakai full glove.

Hal yang kadang terlewat tapi utama, adalah kaki kering! Percayalah, kaki kering jauh lebih penting dari badan kering. Ada banyak merek penutup sepatu (overshoes) untuk cuaca hujan. Idealnya yang tahan air. Ada yang dari karet seperti Velotoze. Pilihan lain buat kamu yang tidak ingin beli, kamu bisa bungkus kaki dengan kantong plastik, baru pakai kaus kaki dan sepatu! 

Saat hujan, genangan air bisa menutupi kerikil atau benda tajam lain. Atau bahkan lubang-lubang yang bisa mengakibatkan ban pecah. Biasanya, ban "musim hujan" bukanlah untuk menaklukkan air, melainkan untuk lebih tahan pecah. Contohnya Continental 4 Season atau Gatorskin, Pirelli P Zero Velo 4S, dan Schwalbe Durano. Pastikan juga bawa ban dalam ekstra, serta pompa kecil. Bawa multitool kecil untuk jaga-jaga kalau harus melakukan perbaikan pada komponen-komponen lain. 

Buat para penggemar road bike mungkin tidak ingin sepedanya kelihatan cupu dengan dipasangi spakbor. Tapi, aksesori yang satu ini sungguh melindungi bagian belakang kamu dari air dan kotoran berlebih, juga membantu supaya air tidak menyemprot dan membuat marah teman atau orang di belakang mu. 

Tak kalah penting, pastikan setelah gowes hujan-hujan, secepatnya kamu membersihkan sepedah mu, lalu keringkan. Bagian-bagian sensitif seperti rantai, sproket, dan hub, pastikan bersih dan kalau perlu diberi lubricant yang banyak. Selalu ingat, dalam hobi sepeda, yang utama bukan sekadar "Badan Sehat dan Jiwa Sehat." Kesehatan sepeda bisa menentukan ketenangan batin dan kesehatan jiwa! 

Source: mainsepeda.com

Latest Article

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more

Yuk Jadi Pesepeda Baik !

read more