Dari Tipe-Tipe Pelari ini, Kamu Termasuk Yang Mana?

Halo Runners, sudah larikah Anda hari ini?

Dalam berlari, restepers seiring waktu akan mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat resteper merasa nyaman. Semakin Anda mengetahui tipe lari Anda, maka rutinitas lari Anda pun akan meningkat karena dapat merasakan kenyamanan pada saat melakukan aktifitas lari.

Berikut adalah tipe-tipe yang setidaknya dapat mewakili karakter para pelari.

1. AUDIO RUNNER


Resteper tipe ini biasanya selalu menggunakan earphone  dalam berlari, seperti mendengarkan lagu, pod cast, motivasi, atau audiobook. Berlari sambil mendengarkan audio  menjadi rutinitas yang terasa feels like home, dimana mereka dapat melatih endurance  dan tidak terlalu memikirkan banyak hal dan fokus hanya pada apa yang mereka dengar. Akan tetapi perlu diperhatikan ya keamanannya, agar volume suara tidak terlalu besar sehingga tidak bisa mendengar suara di sekelilingnya. Saat ini ada earphone  dengan teknologi ear bone,  dimana earphone  diletakkan di luar telinga, diciptakan untuk mereka yang ingin menikmati musik tetapi tetap dapat mendengarkan suara di sekelilingnya.

2. MEDITATOR


Pelari tipe ini menganggap berlari sebagai suatu sarana meditasi, dimana dapat melepaskan ketegangan pada tubuh dan pikiran. Selain itu, berlari juga dapat membantu mereka untuk memahami diri mereka sendiri lebih dalam, merasakan ketenangan dan menguraikan segala kerumitan pada pikiran mereka, sehingga mereka sering hilang dalam pace saat berlari karena telah menemukan kenyamanan tersendiri.

3. SPEED RUNNER


Berbeda dengan tipe sebelumnya, tipe pelari Speed Runner ini berlomba dengan waktu dan selalu berusaha ingin menjadi yang pertama meraih garis finish. Berlari secara rutin dengan menetapkan target-target tertentu yang akan diraih selama beberapa waktu. Musuh terbesarnya adalah diri mereka sendiri, dan mereka selalu berusaha melampaui kemampuan dirinya, hari demi hari.

4. ELEVATION JUNKIES


Jika Anda termasuk ke dalam tipe pelari ini, biasanya Anda akan berusaha untuk selalu mencari rute yang lebih menantang, rute dengan banyak tanjakan dimana Anda mungkin merindukan perasaan linu dan pegal sehabis lari sehingga selalu mencari track lain dengan elevasi yang lebih tinggi. Dengan target ingin menaklukan track yang menantang dan berusaha menyelesaikan tantangan untuk sampai pada puncak dengan cepat.

5. MAP RUNNER


Tipe pelari seperti ini biasanya sering menggunakan Handphone dengan aplikasi maps untuk mencari jalur yang belum pernah mereka lewati. Mereka akan sering melihat histori aktifitas yang mereka lakukan sebelumnya semisal jarak, pace, elevasi dan lainnya. Selain itu mereka juga dapat melihat track lari orang lain dalam suatu aplikasi dan mencoba untuk mengikutinya. Dengan teknologi yang ada saat ini, mereka dapat mengakses informasi rute-rute baru untuk dijelajahi.

6. TRAIL RUNNER


Merasa muak dengan suasana keramaian di perkotaan beserta dengan seluruh polusinya, tipe pelari ini menikmati aktifitas lari mereka dalam menempuh track yang jauh dari lalu-lalang kendaraan bermotor. Melatih skill berlari dengan cepat melewati bebatuan, akar pohon, kerikil, kubangan dan lainnya membuat refleks dan gerakan otot mereka terlatih, selain itu mereka merasakan tantangan untuk selalu melatih kesadaran dan keawasan mereka pada saat melakukannya. Kini, sepatu olahraga jenis trail ini semakin populer dan banyak penggemarnya.

7. CITY EXPLORER


Ya, tipe pelari ini menikmati menjelajah kota dengan berlari, dari sudut kota, jalan utama, gang, sampai pinggiran kota. Berlari diantara orang-orang yang melakukan aktifitas lainnya memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka. Sambil berlari mereka dapat menemukan hal-hal baru yang terjadi di sekeliling mereka. Mereka dapat berlari sendiri ataupun dalam grup.

8. BAREFOOT RUNNER


Berlari dengan kaki telanjang menjadi rutinitas tipe pelari ini. Mereka menikmati telapak kaki mereka berpijakan langsung dengan bumi. Ada juga yang menggunakan hal ini sebagai terapi agar peredaran darah menjadi lancar. Atau mereka yang tinggal di pesisir pantai biasanya tidak menggunakan sepatu karena dapat menghambat pergerakan kaki mereka di atas pasir. Namun tetap hati-hati ya dalam melangkah.

Nah dari 8 tipe pelari ini, kalian termasuk yang mana nih restepers? Atau ada tipe yang lain?

Yang manapun pilihan kalian, jadikan lari sebagai rutinitas kalian dengan tujuan menjadikan pikiran dan tubuh lebih sehat. 

Latest Article

Gowes Saat Hujan? Bungkus…

read more

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more