7 Tips Memilih Kacamata Sepeda

Selain pentingnya helm sepeda dalam bersepeda, kacamata sepeda juga tidak kalah penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bersepeda.

Berikut adalah 7 tips yang dapat menjadi pertimbangan restepers dalam memilih kacamata sepeda.

1. Keamanan mataRestepers perlu memakai kacamata sepeda dalam segala cuaca dan kondisi cahaya. Jika kondisi cuaca gelap, bisa menggunakan kacamata dengan lensa yang terang atau low light,  dan menggunakan lensa yang agak gelap pada kondisi cahaya yang terang seperti siang hari, untuk melindungi mata dari sinar UV.

Restepers perlu menggunakan kacamata sepeda sebagai perlindungan mata dari kerikil, debu, dan serangga yang berterbangan dari goweser di depanmu  atau dari kendaraan lain.


Kacamata yang terbuat dari plastik akan lebih kuat terhadap benturan dibandingkan dengan bahan kaca. Kacamata fashion seperti Ray-Ban dan lainnya memiliki proteksi keamanan yang kecil karena lensanya yang tipis, sedangkan kacamata sepeda yang baik memiliki lensa yang lebih tebal (sekitar 2mm) yang biasanya terbuat dari NXT atau polycarbonate yang memiliki daya tahan terhadap benturan lebih baik dari bahan plastik.

2. UV Protection

Kebanyakan kacamata sudah dapat melindungi mata dari  sinar UV. Sedangkan beberapa kacamata sepeda  dengan bahan NXT atau polycarbonate menyerap sinar UV secara alami. Pilih kacamata dengan tingkat perlindungan 99-100% dari sinar UV.



3.Bentuk kacamata

Kacamata sepeda dengan cirikhas bentuk yang melindungi seluruh mata bukanlah cuma untuk terlihat keren saja. Bentuk kacamata yang menutupi seluruh mata dan sisi samping wajah juga berfungsi menghalangi sinar matahari masuk dari arah samping.


4. Fit

Karena ukuran kepala pengguna yang berbeda, pilihlah kacamata sepeda yang sesuai dengan kepala Anda. Kacamata sepeda yang bagus biasanya memberikan penyangga hidung dan telinga sehingga dapat lebih nyaman dipakai.


5. Grade lensa atau tingkat kegelapan

Pada dasarnya grade 0 adalah lensa cerah dan grade 5 digunakan untuk pandai besi dalam pengelasan (paling gelap). Biasanya seorang pesepeda membutuhkan kacamate dengan grade antara 2.0 s/d 3.5 untuk siang hari. Untuk pagi hari dimana sinar matahari baik, grade lensa dapat dimulai dari 0.5. Atau gunakan lensa photochromic yang dapat menyesuaikan tingkat  kegelapan lensa secara otomatis saat terekspos sinar UV. Namun kelemahan lensa photochromic adalah hanya bisa merubah maksimal 2 grade saja.


6. Kualitas Lensa

Terdapat perbedaan kualitas bahkan diantara lensa polycarbonate. Kadang perusahaan pembuat kacamata sepeda  memberikan impresi seperti teknologi spesial dengan istilah khusus sebagai strategi pemasaran produknya. Namun kenyataannya, Anda mungkin hampir tidak dapat membedakan kualitas lensa yang digunakan dari setiap kacamata yang Anda temui di toko perlengkapan sepeda.

7. Fitur tambahan atau upgrade

Ada beberapa kacamata yang memberikan fitur-fitur khusus yang bermanfaat seperti misalnya, lens coating, hydrophobic coating yang membuat efek seperti air yang jatuh pada daun talas. Atau anti-fog yang berfungsi menghambat embun yang biasa muncul di pagi hari atau pada saat hujan.

Upgrade lainnya adalah menggunakan lensa NXT, fitur Photochromic, atau lensa polarized dimana lensa dapat menyesuaikan terhadap cahaya yang masuk, jadi Anda dapat lebih nyaman bersepeda.


Source: amosunglasses.com

Latest Article

Gowes Saat Hujan? Bungkus…

read more

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more