14 Tips Gowes Makin Nyaman

Restepers, buat kalian para pegowes Roadbike, jauh atau dekatnya jarak yang ditempuh akan sulit dinikmati jika tidak memperhatikan faktor-faktor kenyamanan. Untuk goweser senior mungkin sudah bukan hal penting lagi, tapi seiring waktu popularitas jenis sepeda roadbike semakin tinggi di masyarakat dan semakin banyak produsen roadbike lokal yang menyediakan jenis sepeda ini dengan harga yang makin ramah di kantong. Mulai dari keinginan untuk gowes lebih cepat  sampai dengan ingin narsis di depan lensa para fotografer di perkotaan membuat penjualan sepeda jenis ini kian meingkat.


Nah ada baiknya kalian yang baru mulai di dunia pergowesan roadbike ini bisa memperhatikan hal-hal berikut ini agar pengalaman gowes kalian makin nyaman.


1. Periksa posisi saddle

Saddle (tempat duduk) sepeda adalah langkah pertama yang harus disesuaikan, mulai dari ketinggian, sudut kemiringan, dan posisi maju atau mundurnya sangat menentukan kenyamanan untuk sepeda jenis ini dimana berkaitan erat dengan posisi tangan pada drop handlebar yang akan membuat punggung lebih turun daripada sepeda dengan flatbar



2. Tentukan jenis Saddle Anda

Banyak yang beranggapan saddle yang empuk akan lebih nyaman, tapi banyak juga yang mengeluh jika gowes terlalu lama akan membuat sakit di bagian pinggang. Jika Anda tidak merasakan kenyamanan itu sebaiknya ganti saddle Anda dengan saddle yang cocok dengan tulang bokong Anda yang tidak mengakibatkan otot Anda tertahan. Sesuaikan jenis saddle dengan gaya bersepeda Anda.


3. Perhatikan lebar handlebar Anda

Rumus paling umum yang digunakan adalah dengan posisi tangan pada hood sebaiknya sama dengan lebar kedua bahu Anda. Walaupun begitu belakangan ini handlebar yang lebih lebar akin banyak dicari karena dapat memberikan tingkat kestabilan yang lebih baik, khususnya pada kondisi turunan. Begitupun dengan panjang reach, jarak drop, sudut flare, dan panjang stem yang digunakan akan sangat menentukan kenyamanan si pengendara.



4. Jangkauan Brake

Pada sepeda-sepeda modern, Anda dapat mengubah jarak tuas Brake sehingga memudahkan Anda untuk menarik tuas Brake pada posisi hood ataupun posisi drop




5. Ganti Bar Tape Anda

Salah satu fungsi bartape adalah mengurangi getaran yang ditimbulkan antara ban sepeda dengan permukaan jalan yang langsung berpengaruh terhadap lengan Anda. Selain itu grip (pegangan) yang Anda inginkan juga sebaiknya disesuaikan dengan gaya bersepeda Anda. Ada yang suka dengan bahan Eva, bahan, rubber, bahan leather, dan sebagainya. Pilihlah yang paling cocok dengan gaya Anda dan cuaca yang biasa Anda alami saat gowes.



6. Atur posisi pedal cleat Anda

3 hal yang dapat Anda atur untuk pedal cleat, posisi maju/mundurnya, posisi lateral (menyampingnya), dan sudutnya. Atur posisinya sesuai dengan titik telapak kaki dimana biasanya Anda menitikkan beban saat Anda jalan atau lari. Jika Anda tipe pelari dengan tumpuan jari kaki, maka sudut cleat  dapat diarahkan keluar (outward), tetapi jika Anda tipe pelari dengan tumpuan tumit, maka sudut cleat diarahkan ke dalam.



7. Alas dalam (insole) sepatu yang kurang cocok

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan sepatu cleat bawaan pabrikan, mungkin saja hanya dengan mengganti insole-nya dapat mengatasi masalahnya dan membuat Anda lebih nyaman.



8. Gunakan ban dengan tapak yang lebih lebar

Ban dengan tapak yang lebih lebar akan meningkatkan kestabilan dan kenyamanan Anda. Banyak yang bilang ban yang kecil misalnya ukuran 23 melaju paling cepat dengan rolling resistance yang rendah, tetapi banyak juga yang berpendapat ban dengan lebar 25 atau 28 dapat meningkatkan kenyamanan dan walhasil meningkatkan produktifitas mereka.


9. Ganti seat post Anda

Pilihan menarik lainnya adalah Anda dapat mengganti seat post  dengan tambahan suspensi yang dapat menyerap getaran lebih besar. Tetapi bila Anda berorientasi pada berat keseluruhan sepeda, Anda dapat menggantinya dengan seat post dengan bentuk yang lebih fleksibel, walaupun hanya berpengaruh sedikit.



10. Ganti stem sepeda Anda

Panjang dan pendeknya stem menentukan posisi dan kenyamanan bersepeda Anda. Tetapi sebelumnya pastikan dulu posisi saddle Anda dengan benar. Posisi handlebar yang lebih tinggi akan menitikkan beban lebih ke belakang tubuh, sedangkan posisi handlebar yang lebih rendah akan memindahkan titik beban ke depan tubuh. Anda dapat mengaturnya sesuai gaya bersepeda Anda.



11. Menjalani Bike Fitting

Dengan menjalani tips-tips sebelum ini sebenarnya belum begitu akurat, karena setiap orang memiliki  dimensi fisik, fleksibilitas, kekuatan, dan kelemahan yang berbeda-beda. Dengan menjalani Bike Fitting semua hal akan dimasukkan ke dalam perhitungan dan Anda akan mengetahui ukuran yang paling tepat untuk Anda.



12. Menggunakan pad atau gel pada celana Bib Anda

Jika semua sudah Anda lakukan dan masih terasa kurang nyaman, mungkin saja pakaian yang Anda gunakan membuatnya kurang nyaman. Celana sepeda disarankan untuk tidak digunakan dengan pakain dalam Anda karena dapat menambah gesekan dan melukai kulit Anda. Kuncinya adalah pad atau gel yang digunakan ukurannya tidak lebih kecil dari saddle Anda.



13. Sarung tangan dengan pad

Menggunakan sarung tangan dengan pad akan sangat mengurangi getaran pada telapak tangan Anda. Fungsi pad akan mengurangi sebagian besar tekanan pada telapak tangan Anda.



14. Gunakan krim chamois

Saat bersepeda, kullit Anda akan mengencang dan bertahan selama beberapa hari, namun setelah lama tidak bersepeda, kulit Anda akan kembali ke awal kelenturannya. Untuk tipe pesepeda yang tidak setiap hari bersepeda, hal ini dapat memicu luka karena gesekan di selangkangan Anda. Krim chamois ini akan membantu untuk hal seperti itu. Selain itu cream jenis ini juga mengandung anti bakteri dan anti jamur yang dapat mencegah infeksi. 


Selalu bersihkan tubuh Anda dengan higienis setiap selesai bersepeda ya restepers



Nah restepers mungkin ada beberapa hal di atas ini yang belum dicoba. Kalau restepers ragu-ragu ingin melakukan Bike Fitting karena biayanya yang tidak murah, mungkin restepers bisa mencoba banyak sepeda lain milik kerabat atau saudara dan mencoba mempelajari kenyamanan berdasarkan postur dan gaya bersepeda restepers.


Selamat mencoba!



sumber: road.cc

Latest Article

Gowes Saat Hujan? Bungkus…

read more

Mari Nyaman Bersepeda

read more

Hindari Cedera, Demi Gowes Bahagia

read more